Tips desain dapur yang baik dari ahlinya

Tips desain dapur yang baik ,- Tidak peduli betapa berbedanya gaya hidup kita, banyak kegiatan yang dilakukan di dapur. memasak, menyiapkan camilan cepat, makan sarapan atau makan malam kursus dengan keluarga atau teman-teman. Dapur adalah salah satu tempat yang perlu untuk didesain dan ditata secara cantik dan fungsional. Hal ini menimbulkan tantangan yang sulit bagi kita untuk membuat rancangan dapur yang modern tanpa mengesampingkan sisi fungsionalnya. menurut spesialisnya, ada beberapa kesalahan dalam mendesain ruang dapur yang harus kita hindari.

Berikut adalah tips desain yang baik untuk dapur anda...!


1. Jangan menghalangi akses ke bagian utama dapur

interior dapurSpesialis mengacu pada kompor, wastafel dan kulkas sebagai bagian utama dapur, yaitu merupakan daerah kegiatan terbesar yang membutuhkan perencanaan yang matang. anda harus menata sedemikian rupa agar akses ke bagian ini tidak terhalang. sungguh akan merepotkan jika secara tidak sengaja desain atau perancangan yang anda buat ternyata mengabaikan faktor ini mengingat bagian inilah yang menjadi pusat kegiatan di dapur anda.

Terlepas dari ukuran dapur dan tata letak, baik berbentuk L, bentuk U atau lain sebaginya, ukuran daerah ini tidak boleh terlalu kecil ataupun terlalu besar. Jika terlalu kecil, orang akan tersandung satu sama lain, dan jika terlalu besar, persiapan makanan bisa menjadi tugas yang sangat melelahkan.


2. perhatikan efisiensi ruangan penyimpanan

Dapur biasanya berisi banyak hal. Bukan hanya itu, tapi item sering tersembunyi di balik pintu lemari dapur, ini dapat berbentuk aneh dan memakan banyak ruang .Mencari tempat untuk barang-barang dapur sekaligus menjaga agar mudah diakses dapat menjadi proposisi yang sulit. satu kesalahan desain dapat menyebabkan ruangan anda terbuang percuma.Hampir setiap Desain dapur telah menyia-nyiakan ruang, tetapi hal ini dapat diminimalisir dengan perencanaan yang memadai dan pemikiran. Jika dapur kecil, pertimbangkan untuk memasang lemari besar yang panjang dibagian atas dengan ruang penyimpanan yang besar. pasang rak di bagian belakang lemari dapur yang lebih rendah karena itu akan menghemat ruangan anda. Jika tidak, dapur akan terasa lebih kecil dan sempit.


3. Jangan abaikan ketersediaan tempat penyimpanan dibagian atas dapur anda

Ada banyak kesalahan yang terjadi saat menentukan desain dapur yang pas yang fungsional. Salah satu keluhan terbesar tentang desain dapur adalah kurangnya tempat penyimpanan dibagian atas. Pertimbangkan semua kegiatan dapur yang membutuhkan ruang penyimpanan, serta peralatan yang secara permanen berada di sana, manfaatkan ruangan anda seefektiv mungkin untuk kenyamanan dapur anda.



4. Perhatikan pencahayaan dapur anda

Dapur merupakan salah satu ruangan yang tidak boleh memiliki pencahayaan yang buruk. Ini bukan hanya soal desain dan suasana, tetapi juga masalah keamanan. ruangan umumnya membutuhkan tiga jenis pencahayaan yaitu pencahayaan umum untuk penerangan keseluruhan, penerangan ringan, penerangan sebagian. Untuk dapur, Anda harus mengevaluasi wilayah kerja dan fokus pada bagaimana Anda dapat memberikan tempat masing-masing dengan cahaya yang dibutuhkan. Pertimbangkan untuk menambahkan pencahayaan langsung di atas semua wilayah kerja utama, gunakan lampu gantung atau serangkaian lampu kecil di daerah di mana ini dapat meningkatkan pencahayaan dan keindahan dapur. sementara serangkaian mini-liontin meningkatkan penampilan dan pencahayaan meja sarapan dan bagian lainnya dari dapur.

Pasang juga penerangan pada lemari kaca bawah sebagai cara tambahan untuk memastikan bahwa counter memiliki pencahayaan yang cukup. Setelah semua cahaya yang Anda miliki di dalam ruangan, Anda dapat memamerkan semua elemen desain yang menakjubkan yang telah ditambahkan ke ruang dapur anda.


5. Jangan lupakan backsplash

Disamping anda merancang dapur baru atau memperbaiki dapur, kadang-kadang pertimbangan backsplash menjadi perencanaan akhir dibandingkan bagian lainnya. seringkali daerah backsplash benar-benar ditinggalkan dari rencana. Ini adalah salah satu kesalahan yang hanya mengacu pada prinsip untuk menghemat uang jangka pendek, namun untuk jangka panjang, biaya yang akan anda habiskan untuk memperbaiki kesalahan ini mungkin tidak seperti yang anda perkirakan. Bayangkan uap, kelembaban yang tinggi dan kandungan lemak di dapur, Anda akan memahami mengapa memasang backsplash di belakang oven adalah ide yang cerdas.


6. Jangan lupa untuk ventilasi

Membuat ventilasi yang tepat merupakan bagian dari desain dapur yang sangat penting. anda pasti tidak ini mencium bau udara yang itdak sedap di dapur anda. sistem ventilasi yang baik akan meningkatkan kualitas udara serta akan membantu menjaga kebersihan udara pada ruangan anda. tentu hal ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan mengingat dapur merupakan pusat kegiatan yang cukup rawan untuk menghasilkan kualitas udara yang buruk. sistem ventilasi yang buruk akan membuat udara menjadi pengap dan tentunya akan sangat menggangu siapa saja yang anda didapur.Ventilasi yang efektif juga membantu memperpanjang umur peralatan Anda.


7. Jangan terlalu mengikuti trend

Meskipun ini belum tentu merupakan sebuah kesalahan, memilih desain dapur model terbaru dan menggunakan peralatan mewah juga bisa menjadi kesalahan dalam mendesain dapur anda. Warna atau mode musiman terbaru hanya akan tren dalam kurun waktu beberapa saat saja. desainlah sesuai dengan selera anda dan keluarga, terlalu melihat mde juga bisa menjadi bencana, dan tidak banyak keuntungan yang dapat anda ambil dari hal seperti ini. ini hanyalah pemborosan biaya yang belum tentung menghasilkan kualitas yang baik.


Itulah beberapa tips mendesain dapur yang baik dan efisien. semua kembali lagi pada keputusan dan cara pandang masing-masing, artikel ini hanya merupakan refferensi tambahan bagi anda, masalah keputusan perencanaan dapur anda tetap keputusan anda yang terbaik.